PELATIHAN DASAR PENGEMBANGAN APLIKASI AI UNTUK SISWA SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI: MEMBANGUN GENERASI MUDA YANG SIAP MENGHADAPI ERA DIGITAL

Fakultas Ilmu Komputer dan Desain – 13 Juni 2024, Sebagai bentuk pelaksanaan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pelaksanaan Pengabdikan Kepada Masyarakat (PKM). Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika berkolaborasi melaksanaan kegiatan PKM di SMK Pembangunan Jaya Yakapi yang beralamat di Jl. Palapa Raya No.2, RT.15/RW.5, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520 dengan tema “Pelatihan Dasar Pengembangan Aplikasi AI untuk Siswa SMK Pembangunan Jaya Yakapi “Membangun Generasi Muda yang Siap Menghadapi Era Digital” yang Alhamdulillah dilaksanakan dengan lancar dan penuh antusias. Dibuktikan dari hasil survey setelah kegiatan tersebut bahwa dari 40 responden/peserta memberikan peniliaan 94% mengatakan materi dan tema pelatihan menarik sesuai kebutuhan, 87% mengatakan fasilitas pelatihan sudah mendukung, dan 100% mengatakan pelatihan yang diberikan bermanfaat.

Berangkat dari permasalahan atau kebutuhan dari internal SMK Pembangunan Jaya Yakapi, dimana dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) yang merupakan sebuah program yang memungkinkan komputer untuk mengerjakan tugas dengan kemampuan berpikir seperti manusia, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar Siswa SMK Pembangunan Jaya Yakapi. Dari hasil diskusi bapak Ibu Guru Siswa SMK Pembangunan Jaya Yakapi dengan Dosen Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Desain Unsurya, untuk memberikan Pelatihan Dasar Pengembangan Aplikasi AI untuk Siswa SMK Pembangunan Jaya Yakapi.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2024 dengan peserta dari kelas 10 dan 11, yang disampaikan langsung dari tim dosen Unsurya:

  1. Tim Dosen Unsurya
    Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi: Muryan Awaluddin, S.Kom, M.Kom
  1. Ketua Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat: Muryan Awaluddin, S.Kom, M.Kom
  1. Dosen – Dosen ( Implementasi Pembelajaran ) / Modul
  • Tata Sumitra, S.Kom., M.Kom.
  • Fitria Risdiya, S.Kom. M.Kom
  1. Dosen Tetap
  • Yulisa Gardenia, SE. MMSi
  • Yoke RTL S.Kom. MM
  • Dedi Setiadi, SE, M.Kom
  1. Mahasiswa
    – Putra Riski Septian
    – Adellia Nugraheni Puspa Sari