PKM Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika “Pelatihan Pembuatan Aplikasi Game Berbasis Android pada SMK Pembangunan Jaya YAKAPI Jakarta”

Teknologi berbasis mobile sekarang ini sudah sangat maju dan banyak digunakan dalam Dunia IT, Bisnis, Pendidikan dan Media Pembelajaran baik tingkat Sekolah hingga Universitas. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perangkat dan aplikasi yang berbasis mobile dengan menggunakan android sebagai sistem operasinya. Fitur-fitur yang dimiliki android juga sangat mudah dan nyaman untuk digunakan. Banyaknya pengguna android menjadi daya tarik banyaknya software house, developer dan programmer untuk mengembangkan aplikasi berbasis.mobile android.

Sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah sekolah yang memiliki visi khusus yakni lulusan sekolah diharapkan dapat terjun langsung bersaing dalam dunia bisnis dan dunia industri. Untuk itu pengenalan teknologi berbasis mobile android ini sangat penting diajarkan kepada kepada para siswa terutama untuk program jurusan rekayasa perangkat lunak. Namun pihak sekolah mengeluhkan belum adanya sumber daya yang handal untuk membantu siswa mereka dalam penguasaan pembuatan aplikasi berbasis mobile android.
Pengenalan pembelajaran aplikasi berbasis mobile android bisa dimulai dari level yang pemula diantaranya pengenalan pembuatan aplikasi game.

Software yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi game berbasis mobile android salah satunya aplikasi Construct 2. Construct 2 adalah tools pembuat game berbasis HTML5 dikhususkan untuk platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrogramman khusus karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Construct 2 dikemas dalam bentuk visual yang mudah digunakan, sehingga pengguna pemula yang belum pernah belajar bahasa pemrograman mudah menggunakannya. Kemudahan inilah yang menjadikan aplikasi Construct 2 sangat cocok digunakan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mempelajari pembuatan aplikasi games berbasis mobile android.

Kegiatan PKM Dosen Jurusan Sistem Informasi pada Kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma yang diadakan di sekolah SMK Pembangunan Jaya YAKAPI mengambil tema tentang Pembuatan Aplikasi Game Berbasis Mobile Android dengan tujuan dapat meningkatkkan keahlian para siswa dan guru terutama dalam bidang ilmu komputer khususnya dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile android. Diharapkan dengan memiliki keilmuan tersebut para siswa dapat memiliki kesempatan yang lebih luas di dalam dunia industri atau dapat berwirausaha menciptakan aplikasi berbasis mobile android yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan selama 4 minggu di Lab Komputer SMK Pembangunan Jaya YAKAPI diikuti oleh siswa kelas XII dengan total 28 siswa. Kegiatan berlangsung lancar dan para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan. Hasil pelatihan berupa aplikasi games yang dapat dijalankan di browser dan dijadikan .*apk yang nantinya bisa diinstalkan ke hanphone android para siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *