Persiapan Re-Akreditasi, LP3M Unsurya Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Studi Manajemen Informatika

Dalam rangka persisapan re akreditasi, pada hari Senin tanggal 17 Mei 2024 dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kelengkapan dokumen di Prodi Manajemen Informatika. Monitoring diselenggarakan oleh LP3M Unsurya. Dokumen yang perlu disiapkan oleh setiap prodi adalah SK mengajar, Jurnal perkuliahan semester, absen perkuliahan semester. KHS, KRS, RPS, bukti kegiatan suasana akademik. LP3M Unsurya melakukan inventarisir dan pendampingan untuk mengevaluasi kelengkapan dokumen pada Program Studi Manajemen Informatika. Kemudian dari hasil evaluasi tersebut akan didapatkan hal-hal apa saja yg kurang dan perlu diperbaiki untuk segera ditindaklanjutin.

Monev (Monitoring dan Evaluasi) prodi merupakan kegiatan rutin yang penting untuk memastikan kualitas penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi. Tak hanya sebagai alat ukur, Monev juga menjadi tolok ukur untuk mendorong kemajuan dan peningkatan mutu prodi. Monev prodi biasanya dilakukan secara berkala, minimal satu kali dalam setahun.

Ketua LPM (Dr. Drs. Khaerudin, M.M) memberikan banyak arahan kepada ketua prodi dan sekertaris prodi agar segera berdiskusi dengan seluruh dosen prodi Manajemen Informatika mengenai persiapan standar pendidikan mengingat kegiatan akreditasi sudah dekat. Apa yang harus dilengkapi segera dilengkapi serta fokus agar kedepan prodi  lebih maju dan selalu memiliki kualiatas yang baik. Diharapkan dengan adanya monev ini, prodi Manajemen Informatika dapat terus meningkatkan standar pendidikannya, agar akreditasi yang diharapkan nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

Monitoring dan Evaluasi (Monev) Akreditasi merupakan sebuah langkah krusial dalam perjalanan sebuah program studi (prodi) menuju akreditasi unggul. Melalui Monev, prodi dapat mengukur kesiapannya dalam menghadapi asesmen akreditasi dan mengidentifikasi area-area yang perlu diperkuat. Monev Akreditasi memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Memastikan bahwa prodi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BAN-PT).
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan prodi.
  • Mengembangkan rencana tindak lanjut untuk perbaikan dan peningkatan mutu prodi.
  • Meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan prodi kepada stakeholders.

Monev prodi merupakan instrumen penting untuk memastikan bahwa prodi di perguruan tinggi diselenggarakan dengan mutu yang tinggi. Dengan melakukan Monev secara berkala dan sistematis, prodi dapat terus berbenah dan menjadi lebih baik dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap pakai.