Tim Unsurya Fakultas Ilmu Komputer dan Desain berkunjung ke Universitas Gunadarma Melihat Super Komputer

Pada tanggal 13 Maret 2024, tim dari Fakultas Ilmu Komputer (FIKD) dan Desain Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsuarya) yang berisikan Dekan Dr. Ir. Yohannes Dewanto, M.T., Kaprodi SI/MI Muryan Awaludin, S.Kom., M.Kom., beserta tim melakukan kunjungan kerja ke Universitas Gunadarma di kampus F6, Depok. Kunjungan ini merupakan langkah pertama dalam upaya menjalin kerjasama antara kedua belah pihak.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk berbagi informasi mengenai sistem pengajaran dan kurikulum yang diterapkan di kedua universitas, serta untuk melihat dan berkonsultasi mengenai supercomputer yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma. Dalam pertemuan tersebut, tim dari Universitas Suryadarma diterima oleh Dr. rer. nat. I Made Wiryana, Skom., SSi., MAppSc beserta tim sebagai perwakilan dari Universitas Gunadarma.

Pertemuan ini banyak diisi dengan sharing-sharing mengenai supercomputer, termasuk perawatannya, dimana saja area implementasinya, tahap-tahapan sebelum memiliki/menggunakan supercomputer, dan hal-hal teknis lainnya seperti konsumsi daya. Selain itu, pada kesempatan kali ini kami juga berdiskusi mengenai sistem pembelajaran, tantangan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan industri, dan bagaimana menyikapi pergerakan bursa pekerjaan di era industri 4.0 yang semakin berkembang pesat. Diskusi ini dianggap penting demi penyempurnaan dan perkembangan FIKD kedepannya.

Selama kunjungan, tim dari Unsurya juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung supercomputer yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma, sehingga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pengelolaan dan manfaat supercomputer tersebut dalam konteks pendidikan dan penelitian.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara Unsurya dan Universitas Gunadarma, khususnya dalam bidang pendidikan dan penelitian di bidang ilmu komputer.